Loading...
Tuesday, September 20, 2011

Mobil Autonomus

Mobil Autonomus
Sepertinya saat ini hampir seluruh mimpi dapat menjadi nyata. Seperti halnya yang telah saya ungkapkan pada sesi artikel sebelumnya, bahwa kebutuhan adalah induk dari sebuah penemuan, dan mungkin tak akan ada penemuan tanpa sebuah impian.

Kali ini sebuah kebutuhan untuk menghindari kecelakaan lalulintas atau sering dikenal dengan sebutan lakalantas yang mengawali penelitian dan penemuan luar biasa dibidang teknologi transportasi, yakni mobil tanpa pengemudi.

Tepatnya sebuah universitas di Jerman berhasil menciptakan prototype mobil tanpa pengemudi. Dengan sistem yang super canggih yang telah didisain sedemikian rupa, membuat mobil ini mampu melintasi jalan-jalan di Berlin tanpa dikendalikan oleh seorang driver (pengemudi).

Mobil proyek yang diberi nama Autonomus ini dilengkapi dengan berbagai sensor gerak dan suara, radar, peta digital, dan perlengkapan video yang dibuat secara terintegrasi, telah disematkan dalam sebuah mobil canggih dan penuh dengan sentuhan teknologi ini.

Pemimpin proyek mobil, Tinosh Ganjineh, mengatakan bahwa prinsip navigasi yang diterapkan pada Autonomos ini sangat sederhana. Kendaraan ini memposisikan sebagai penerima GPS, sehingga mampu menemukan lokasi peta digital. Informasi dari sensor kemudian diproses untuk mengenal lingkungan sekitarnya."Sistem yang berbeda kemudian memerintah kendaraan agar mempercepat, memperlambat dan membelokkan kemudi," katanya, yang dilansir pada VIVAnews.com.

Sebenarnya, berbagai teknologi yang dibenamkan pada mobil Autonomus ini sudah banyak diterapkan pada mobil-mobil yang telah diproduksi secara massal. Namun perbedaannya, mobil yang dibangun dengan biaya $545 ribu atau sekitar Rp4,7 miliar ini ditambahi dengan berbagai perlengkapan navigasi.

Tinosh juga berharap mobil tanpa pengemudi ini bisa menekan angka kecelakaan. Mengingat, kecelakaan terbanyak melibatkan kelalaian manusia.

Mobil yang penuh dengan sentuhan teknologi ini sebenarnya bukan hanya menjadi proyek mahasiswa atau proyek universitas dari Jerman. Namun juga telah menjadi proyek rahasia yang telah lama diteliti oleh perusahaan dunia maya raksasa atau perusahaan dunia maya terbesar, yakni google. Bahkan mobil Autonomus yang dirilis oleh google telah mengalami uji coba di California yang cukup lama, demi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pengendara saat berkendara, dan kini mobil Autonomus yang dirilis oleh google siap untuk meluncur di pasar otomotif dunia.

Namun walau pun mobil ini telah dapat menghindari berbagai mobil dalam keramaian jalan raya, dan dapat melaju dengan cepat, saat ini perusahaan asuransi masih memikirkan akan asuransi yang akan dibuat khusus untuk mobil Autonomus ini, jika benar-benar dipasarkan di pasar otomotiv dunia.

Berikut adalah video yang menggambarkan kecanggihan mobil autonomus ini:

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
TOP