Loading...
Friday, April 26, 2013

Teknologi Masa Depan

Pendahuluan

teknologi masa depanTeknologi merupakan salah satu kajian yang sangat menarik saat ini. Pada dasarnya, teknologi telah ada sejak jaman pra-sejarah, karena teknologi dibuat berdasarkan kebutuhan manusia dan untuk memenuhi dan mempermudah kebutuhan manusia. Namun pada jaman sekarang, sepertinya teknologi mulai mengalami pergeseran makna dari makna yang dikenali dahulu, menjadi sesuatu alat dalam bentuk digital atau komputerisasi, yang dapat atau mampu mempermudah kebutuhan manusia.
Pada saat ini, teknologi menjadi sorotan tersendiri dalam berbagai bidang atau riset keilmuan. Bahkan saat ini berbagai belahan di dunia seolah berlomba-lomba membuat teknologi digital dalam berbagai bidang. Mulai dari teknologi  dalam bidang komputer, bisnis, pendidikan, kedokteran, dan lainnya, yang terus mengalami loncatan-loncatan perkembangan yang amat signifikan.
Namun demikian, perkembangan dan kemajuan teknologi tidak diiringi dengan masa proses transisi, dan tidak diberikan pengenalan dan sosialisasi akan dampak positif dan negatif dari teknologi yang dibuat, semua teknologi seolah hanya menunjukkan akan nilai guna, nilai estetik, dan kemudahan yang dijanjikan, sedangkan segala aspek negatif dari teknologi yang diperkenalkan kepada publik tidak pernah diungkap secara gamblang dan tidak pernah diberikan sosialisasi akan dampak negatif yang akan/ dapat ditimbulkan. Hal ini berdampak pada sikap masyarakat yang cenderung pada sikap konsumerisme, dan mode masyarakat yang menjadikan teknologi sebagai lambang kesejahteraan bagi berbagai lapisan masyarakat.
Namun demikian, disisi negatif dari teknologi-teknologi yang dikembangkan, ada berbagai sisi positif yang ditimbulkan, sisi postitif yang sangat terlihat pada teknologi adalah sifat dan tujuannya yang dibuat untuk mempermudah kebutuhan manusia.
Atas dasar inilah saat ini manusia laging berlombang untuk membuat inovasi-inovasi baru dalam bidang teknologi, guna mempermudah segala kebutuhan manusia.

Perkembangan dan Kemajuan Teknologi

Seperti kita ketahui, komputer salah satunya, dahulu komputer merupakan suatu alat hitung yang sangat terbatas, sebelum mengalami perkembangan dan perubahan dalam berbagai aspek. Komputer bermula dari keinginan manusia untuk memudahkan manusia dalam proses menghitung, karenanya dibuatlah komputer yang dahulu besarnya jauh puluhan kali lipat dari komputer pada masa kini.
Saat ini kajian teknologi terus berkembang untuk memajukannya, loncatan demi loncatan dalam bidang teknologi seolah tanpa henti dan terus melaju kencang.
Saat ini di berbagai belahan dunia terus berlomba menciptakan teknologi-teknologi baru guna memudahkan pekerjaan manusia. Belum lama ini kita mendapatkan kabar akan teknologi mobil autonomus yang dibuat oleh beberapa mahasiswa asal jerman dan dikembangkan oleh perusahaan raksasa, google, yang merupakan teknologi mobil yang dapat berjalan dengan sendirinya, tanpa membutuhkan seorang pengendara, yang dibuat guna mengurangi tingkat kecelakaan yang diakibatkan kelalaian manusia.
Selain itu, berbagai robot yang dibuat guna memenuhi dan mempermudah kebutuhan manusia juga dibuat oleh berbagai pihak dan berbagai bagian belahan dunia. Untuk sekilas informasi dari robot-robot yang diciptakan guna memenuhi sekaligus mempermudah kebutuhan manusia, dapat dilihat di artikel sebelumnya, Robot-Robot Canggih di Dunia Pemenuh Kebutuhan Manusia.
Seiring perkembangan jaman, berbagai teknologi canggih lainnya pun bermunculan, teknologi komputer yang begitu pesat berkembang, merupakan salah satu pemicunya. Ilustrasi dari perkambangan dan kemajuan teknologi dapat kita lihat dalam video berikut:

Jika kita berpikir sejenak, dengan kemajuan dan perkembangan teknologi, terutama dalam bidang robotik, akan mampu menggeser peran manusia sebagai makhluk yang diciptakan untuk mengurus dan merawat bumi, serta akan menggeser manusia dalam hal pekerjaan. Mungkin dalam kurun waktu 10 atau 20 tahun mendatang, teknologi akan merambah kepada pekerjaan yang sebenarnya dapat dikerjakan secara manual dan mudah oleh manusia, hal ini akan berpengaruh pada tingkat pengangguran di dunia, mungkin yang akan mendapatkan pekerjaan hanya mereka para developer teknologi. Sebagaimana telah digambarkan dalam film i-robot.
Hal ini lah yang semestinya dipikirkan oleh para developer teknologi, karena biar bagaimana punperan teknologi adalah sebagai alat yang mampu memudahkan kebutuhan manusia, dan memenuhi kebutuhan manusia yang hanya dapat dilakukan oleh teknologi mutakhir, bukan sebagai pengganti peran manusia.
Demikian uraian kami kali ini. Happy blogging :)
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
TOP