Loading...
Saturday, November 6, 2010

Sejarah Disiplin Ilmu Komputer Dalam Perpaduan Teori Algoritma dan Logika Matematika

Sejarah Ilmu Komputer

Sejarah disiplin ilmu komputer telah muncul sejak era tahun 1940, seiring dengan perpaduan teori algoritma dan logika matematika, serta ditemukannya komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program. Adalah Alan Turing dan Kurt Godel, yang pada 1930-an berhasil memadukan algoritma, logika, dan penghitungan matematika serta merealisasikannya dalam sebuah alat atau Rule System. Prinsip Algoritma yang digunakan adalah dari Ada Lovelace, yang dikembangkan 60 tahun sebelumnya.

Penemu algoritma sendiri yang tercatat dalam sejarah awal adalah dari orang yang bernama Abu Abdullah Ibn Musa al Khawarizmi. Al Khawarizmi adalah seorang ahli matematika dari Uzbekistan yang hidup dimasa tahun 770-840 M. Di literatur Barat ia lebih dikenal dengan sebutan Algorizm. Kata algoritma sendiri berasal dari sebutannya ini. Sedangkan komputer analog diciptakan oleh Vannevar Bush pada tahun 1920, dan disusul dengan komputer elektronik yang dikembangkan oleh Howard Aiken dan Konrad Zuse tahun 1930.

Kemudian John Von Neuman mendemonstrasikan salah satu karya fenomenalnya pada tahun 1945, yaitu sebuah arsitektur komputer yang disebut "Von Neuman Machine", dimana program disimpan di memori. Arsitektur komputer inilah yang kemudian digunakan oleh komputer modern sampai sekarang.

Definisi Ilmu Komputer

Seiring dengan perkembangan ilmu komputer, dewasa ini banyak sekali peneliti yang mencoba membuat kajian dan melakukan pendefinisian  terhadap ilmu komputer. Bagaimanapun juga, dasar ilmu komputer adalah matematika dan teknik. Matematika menyumbangkan metode analisa, enginering menyumbangkan metode desain pada bidang ini.

CSAB [3] (Computing Sciense Accreditation Board, dalam websitenya http://www.csab.org) membuat definisi menarik tentang ilmu komputer, menurutnya ilmu komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Didalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan:
1. Teori untuk memahami komputer device, program dan sistem
2. Eksperiman untuk pengembangan dan pengetesan konsep
3. Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya
4. Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta.
 Beberapa definisi lain yang lebih abstrak adalah; ilmu komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentransformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
TOP