Loading...
Sunday, February 27, 2011

Dunia Terminator

Dunia Terminator

Sepertinya bukan hal yang tak mungkin lagi untuk mewujudkan dunia terminator sebagaimana telah diramalkan didalam sebuah film science fiction, yang di sutradarai oleh Mario F. Kassar, Hal Lieberman, Joel B. Michaels, Andrew G. Vajna, dan Colin Wilson; dan dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger, seorang aktor ulung dengan tubuh yang kuat dan karakter yang menonjol.

Penyebab dan Dampak Terwujudnya Dunia Terminator

Saat ini berbagai negara maju tengah mengembangakan dan berlomba-lomba menciptakan robot guna memenuhi kebutuhan manusia. Ditambah para pakar telah menggambarkan dan meramalkan bahwa di tahun 2050 akan tercipta dunia perdagangan dan persaingan robot yang bebas, dimana hampir seluruh pekerjaan manusia dikerjakan oleh robot, dan manusia tak lagi bersaing dengan sesama manusia dalam mencari pekerjaan melainkan manusia akan bersaing ketat dengan robot yang mereka buat sendiri. Namun jangan menunggu terlampau lama, karena jika kita melihat perkembangan teknologi berkembang sangat cepat, maka tak heran jika ramalan tersebut lebih cepat terjadi dari dugaan sebelumnya.


Tetapi yang menjadi permasalahan adalah dampak yang ditimbulkan dari terwujudnya dunia terminator. Ditambah lagi dengan berbagai penemuan-penemuan akbar di era digital ini telah membuktikan bahwa teknologi bukan hanya sebuah ancaman maya bagi manusia, melainkan telah menjadi sebuah ancaman serius bagi manusia, terlebih dalam bidang ekonomi, walaupun disisi lain berbagai penemuan teknologi menjadi investor besar bagi beberapa negara maju di berbagai belahan dunia seperti negara Sakura, Jepang, yang mendapatkan devisa yang sangat besar dari berbagai penemuan di bidang teknologi. Namun bagaimana nasib negara berkembang? Jika dilihat dari segi positifnya, kemajuan teknologi yang sangat pesat mampu membawa rakyatnya menuju kemajuan yakni dengan mengembangkan berbagai potensi lain yang dimiliki di bidang teknologi, namun jika dilihat dari sisi negatifnya, kemajuan teknologi yang tidak didasari dan diiringi oleh kemajuan Iptek suatu negara justru akan berdampak sangat buruk, terutama dalam bidang ekonomi akan menambah jumlah pengangguran teknologi, karena sebagian besar industri akan beralih pada mesin/robot.

Apalagi jika dunia terminator terwujud, sebagaimana telah diramalkan oleh para pakar dunia, yang sepertinya tak akan lama lagi akan terwujud seperti halnya dalam film The Terminator atau film I Robot karena berbagai robot berbentuk dan berkemampuan seperti manusia telah bermunculan seiring dengan kemajuan teknologi. Mungkin selanjutnya kita akan lihat nanti, apakah dunia terminator mampu memberikan dampak yang sangat positif bagi selururh kalangan tanpa memihak pada kalangan tinggi, atau dunia terminator mungkin justru akan berdampak sebaliknya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer
TOP